Sabtu, 05 Mei 2012

PROFIL SEKOLAHKU


Tempat Belajar Masyarakat ( TBM ROTA ), sebuah TBM yang bertempat disebuah lingkup sekolah. Dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai sebagai sarana prasarana para siswa untuk belajar, mencari informasi bahkan mengembangkan ketrampilan serta bakat yang mereka miliki. Demikian pula bagi para masyarakat umum fasilitas yang tersedia ini cukup bermanfaat sebagai penunjang kemajuan mereka.
Beberapa fasilitas tersebut diantaranya adalah:

Galeri Pajang ( Galeri Pameran )
Sebuah bagian dari perpustakaan yang bisa di bilang unik, di sini dipajang berbagai karya siswa dari SMK N 1 ROTA Bayat. Karya tersebut ada dari jurusan keramik maupun tekstil, yang dipadupadankan sehingga terlihat menyatu dengan budaya jawa tentang sebuah kesenian asli jawa, yaitu batik.
Ada juga sebuah gawangan untuk meletakkan kain seperti orang jawa yang sedang membatik, sebuah almari yang digunakan sebagai tempat menyimpan kain-kain yang telah dibatik.
Selain itu, diruang galery pajang ini juga terdapat hasil karya siswa yang berupa gambaran atau lukisan tentang desain batik (ornamen batik). Karya ini tidak hanya dipajang disebuah meja saja tetapi juga dipajang dibeberapa bagain rak yang tersedia.
2.  Koleksi Perpustakaan
Di perpustakaan SMKN 1 ROTA Bayat  ada banyak sekali koleksi buku yang  bisa dinikmati oleh pengunjung perpustakaan SMKN 1 ROTA Bayat antara lain adalah buku-buku yang  bermanfaat untuk kita semua, seperti fiksi, non fiksi, buku-buku pengetahuan dan ada sebagian yang tidak boleh dipinjam dan hanya bisa dibaca di Perpustakaan seperti kamus ,Ensiklopedia, majalah, maupun surat kabar.
Perpustakaan SMK N 1 ROTA Bayat ini tidak hanya menyediakan buku-buku tetapi perpustakaan rota juga menyediakan semacam permainan seperti puzzle, catur.Jadi, jika ada orang yang mempunyai bakat terhadap permainan tersebut tidak usah khawatirt. Selain itu, permainan ini bisa dipakai sebagai salah satu hiburan.
3. Ruang Meeting
Di perpustakaan SMKN 1 ROTA Bayat  juga menyediakan khusus Ruang Meeting.Jadi ruangan ini disediakan untuk pengadaan rapat misalnya rapat pengurus kelas atau rapat apapun bisa menggunakan ruangan ini.Karena jika ingin membahas sesuatu kadang-kadang banyak yang membutuhkan ruangan yang nyaman atau ruangan tertutup jadi bisa lebih nyaman jika ingin rapat. Selain untuk rapat ruangan ini juga bisa digunakan sebagai ruang belajar bersama (diskusi ). Tetapi sebelum menggunakan ruangan tersebut, harus izin terlebih dahulu kepada Kepala pustakawan.

4. Ruang Audio Visual
Ruangan ini adalah ruangan yang paling asyik karena di ruangan ini kita bisa menonton TV bareng dengan teman-teman  semua.Tidak hanya itu saja, ruangan tersebut seperti layaknya berada di rumah sendiri karena kita bisa tidur-tiduran karena disediakan bantal yang mungkin lebih membuat kita nyaman daripada ketika kita di rumah.
Selain untuk menonton TV, biasanya para relawan menggunakna tempat ini untuk nobar (nonton film bareng) sesuai dengan yang telah dijadwalkan.
Ruang audio visual ini biasanya atau lebih sering digunakan untuk beristirahat para pengunjung perpustakaan, apalagi dengan adanya fasilitas AC, semakin menambah kenyamanan dalam istirahat.
5.  Multimedia
Fasilitas multimedi disediakan bagi para pengunjung,agar mempermudah pengunjung bila ingin internetan,ataupun mengerjakan tugas
Dalam penggunaanya setiap pengguna  fasilitas multimedia harus mematuhi peraturan  yang ada,yaitu:
  • Menggunakan komputer dan internet sesuai dengan waktu yang telah di tentukan.hal ini di lakukan agar setiap pengunjung bisa menikmati fasilitas multimedia secara teratur,tidak saling berebut.
  • Tidak boleh memanfaatkan komputer untuk hal-hal yang tidak perlu(YM,facebook,friendster.twitter)
Peraturan ini di buat agar penggunaan  multimedia bisa maksimal,selain itu fasilitas ini di tujukan agar para pengunjung tidak bosan berada di perpustakaan. Dengan adanya sarana komputer di perpustakaan ini sangat menunjang para siswa dan guru mencari informasi yang lebih banyak terutama informasi yang  belum ada pada buku koleksi perpustakaan SM K N 1 ROTA Bayat.

6. Kursi Sofa
Di sini para pengunjung bisa membaca buku sambil duduk ataupun berbincang dengan temannya,
Tempatnya yang berada di pojok nyaman untuk bersantai ataupun beristirahat,
Para pengunjung juga bisa berdiskusi di tempat ini,selain itu juga  bisa mengerjakan tugas ataupun hanya sekedar beristirahat..
Di samping Sofa terdapat rak yang berisi  majalah dan surat kabar,jadi pengunjung bisa membaca majalah di sofa tanpa harus kemana-mana.

7. Sirkulasi
Sirkulasi ini tempat para siswa meminjam dan mengembalikan buku,Perpustakaan SMK N 1 ROTA Bayat sendiri sudah menggunakan software senayan,jadi pengembalian dan peminjaman buku di lakukan secara otomatis tidak lagi dengan mengggunakan manual,hali ini untuk mempermudah dalam pengoperasian perpustakaan,selain iitu di sirkulasi juga di sediakan printer, yang di gunakan untuk siswa  dan umum,jadi bagi pengunjung yang ingin mengeprint bisa langsung di sirkuasi dengan menghubungi pustakawan yang ada.
baik siswa maupun pengunjung umum sudah juga sediakan buku absensi yang berada di sirkulasi ini,tujuannya untuk mengetahui pengunjung yang ada di perpustakaan.

8. Majalah Dinding dan Papan Pengumuman
Letak majalah dinding dan papan pengumuman perpustakaan SMK N 1 ROTA Bayat berbeda dengan letak fasilitas yang telah di sebutkan di atas,kalau yang telah di sebutkan beada di dalam ruangan,tempat in terletak di depan perpustakaan..jadi memudahkan pengunjung untuk melihat.
majalah dinding ini berfungsi untuk menampilkan hasil karya siswa maupun bila ada lomba informasi lain,seperti puisi,artikel,dll.
sedangkan dalam pengurusan isi majalah dinding itu sendiri di koordinasi oleh pengurus OSIS serta petugas perpustakaan.dalam penampilanya,majalah dinding  di update,biasanya dalam mingguan ataupun bulanan,tergantung event dan informasi yang di peroleh,
Sedangkan papan informasi di gunakan jika ada informasi-informasi,misalnya mengenai lomba,jadwal piket relawan,informasi perpustakaan,dll.setiap ada informasi bru akan di tempel di papan pengumuman,jadi para pengunjung bisa lebih mudah melihat.

9. Rak  sepatu dan tas
setiap pengunjung yang datang ke perpustakan di wajibkan untuk melepas sepatu,kaos kaki serta tasnya tidak boleh di bawa ke dalam perpustakaan,untuk itu di sediakan rak yang fungsinya untuk menaruh barang-barang tersebut,selain itu agar terkesan rapi,rak ini terletak di depan perpustakaan,tempatnya agak ke dalam,sehingga tidak menggangu  jalan,di sana juga di sediakan kursi yang bisa di gunakan untuk santai.

Di harapkan pengunjung perpustakaan bisa memaksimalkan penggunaan fasilitas perpustakaan yang di sediakan.dan senang berkunjung ke perpustakaan.



Terakhir Diperbaharui pada Sabtu, 28 April 2012 12:52

Tidak ada komentar:

Posting Komentar