Jumat, 04 Mei 2012

Tuesday, 22 Nov 2005-
Ai — jakarta
Dear dokter,
Putri saya umur 2.2 thn sering sekali lidah dan dinding pipinya tergigit yang mengakibatkan jadi berdarah dan sariawan, saya sudah ke dsa dan dikasih antibiotik serta obat jamur ( casdistatin ) tapi karena terulang lagi seperti itu lagi saya ganti dsa dikasih obat sariawan kenalog dan vitamin elkana, kenalog membantu karena jadi sembuh sariawan tapi kenapa selalu terulang mengigit lidah dan dinding pipi ketika tidur hal ini terjadi ketika tidur saja. Dan hal ini sudah berlangsung dr umur 1 thn tp selalu berulang kenapa yah dok saya bingung kenapa dia menggigit trus apa sebabnya
Perlu di bawa ke dr mana anak saya, dsa or drg anak
Apa yang perlu saya lakukan agar anak saya tidak tergigit kembali karena saya rasa anak saya melakukan juga dalam keadaan tidak sadar
saya kasian sekali karena dia jadi sulit makan padahal dia pengen makan tapi baru sesuap pasti nangis kalo kata orang jawa mulutnya rawing.
Mohon yang dr yang baik dijawab dengan segera saya tunggu terima kasih dr.
Jawaban:
Dear Ai… terima kasih atas emailnya.
Sariawan itu (aphtae) adalah suatu luka pada permukaan selaput lendir di rongga mulut (jadi bisa bisa mengenai apa saja, dinding pipi sebelah dalam, gusi, langit-langit atau lidah), yang terjadi akibat adanya kerusakan sel permukaan (disebut sebagai epitel) selaput lendir tersebut. Biasanya memang timbul berulang.
Penyebab sariawan belum diketahui dengan pasti tetapi umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Di lain pihak, bermacam-macam hal yang bisa mempengaruhi terjadinya sariawan. Bisa karena trauma/perlukaan (tergigit, atau tergores sikat gigi), stress, ketidak seimbangan hormon (biasanya pada wanita mengikuti siklus menstruasi), pada orang tertentu faktor makanan (seperti coklat, kopi, kacang-kacang yang segolongan dengan kacang tanah, tomat (termasuk kulitnya), sereal, tepung gluten, almon,serta asam benzoat, merokok tembakau (orang yang merokok tembakau resikonya lebih rendah).
Sariawan tidak membahayakan dan sebenarnya tidak terlalu mengganggu kalaupun nyeri (kecuali bila sariawannnya banyak dan besar-besar, memang anak bisa rewel akibat rasa nyeri tetapi jarang sekali kok ..) … Umumnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya. Pengobatan yang diberikan bukan untuk menyembuhkan akan tetapi hanya untuk meringankan gejalanya karena sampai saat ini belum diketemukan secara pasti penyebab sariawan tersebut.
Kalau sariawan nya berat … bisa diberikan salep mulut yang mengandung anti radang (steroid golongan. triamsinolon asetonid, merek dagang yang biasa dipakai kenalog orabase atau bufacomb orabase). Tetapi .. kalau boleh saya usul .. tak usah berikan obat apapun ya
Makannya terganggu? Makan kan tidak harus nasi… buatkan puding roti yang didinginkan di lemari es, es krim dengan buah, puding buah dst dst … ketika sariawan … anak akan merasa nyaman apabila diberikan yang dingin-dingin termasuk buat deh es mambo dari kacang hijau, dari milo …
Kembali ke kasus anakmu, kemungkinan terbesar penyebab sariawannya adalah akibat tergigit giginya. Apakah ketika tidur gigi anakmu berbunyi kreot-kreot? Seperti gigi yang digemeretakkan? Bila ya, ini bukan hal yang abnormal (teeth grinding) karena tidak sedikit anak memiliki kebiasaan seperti ini dan umumnya akan hilang dengan sendirinya ketika anak berusia sekolah dasar. Namun demikian, bila terlalu sering ia menggigit pipinya atau ibu cemas, periksakan anakmu ke dokter gigi anak … Mungkin perlu suatu alat untuk di pasang di rongga mulut ketika anak tidur. Sementara ini … bisa dicoba dengan memakai empeng alias dot … jika anakmu tidak terbiasa dengan dot … pasang dotnya setelah ia tertidur pulas
Kabari ya perkembangannya … apabila masih terus berulang … Meski jarang, menggigit lidah dan pipi saat tidur bisa merupakan satu bentuk gangguan tidur (sleep disorder). Nah Ai semoga jawabannya bisa membantu ya.
wati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar